Perserobatam.com – Upaya dalam mengembangkan UMKM menjadi prioritas pemerintah dalam menunjang dan memaksimalkan ekonomi masyarakat. Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan menyerap 51,7-97,2 persen tenaga kerja di ASEAN. Salah satu kendala yang dihadapi oleh UMKM adalah ketersediaan lahan untuk membuka bisnis, selain itu juga lahan yang cocok dengan harga yang pas sedikit sulit dicari.

PT Pengusahaan Industri Pulau Batam (Persero Batam) sebagai pionir yang menyediakan penyewaan lahan berkolaborasi bersama UMKM dibatam berusaha untuk membantu memajukan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), Hal ini merupakan salah satu bentuk penerapan core value BUMN yaitu Kolaboratif.

Persero Batam bekerja sama dan memberikan support kepada UMKM dalam menyewakan lahan gudang tertutup yang digunakan untuk mengembangkan usaha mandiri para nelayan yang tergabung dalam Perkumpulan Budidaya Rumput Laut Posko Perjuangan Rakyat Penawar Rindu (POKDAKAN).

Lokasi tersebut digunakan untuk penumpukan rumput laut dan hasil dari budidaya Nelayan Lokal sebelum nantinya akan dikirim keluar Batam. Salah satu tujuan Nelayan Budidaya Rumput Laut Pospera melakukan kegiatan budidaya rumput laut demi pemulihan ekonomi di era new normal saat ini. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan masyarakat sekitar agar sama-sama bisa bangkit menghadapi masa ini.

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *